ABSTRAK SKRIPSI TRIO DIKA KURNIAWAN MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS JAMBI
ABSTRAK
Kurniawan, Trio Dika, 2014. “ Studi Kasus Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar Siswa Kelas V Di SD Iqra’ Muara Bulian Kabupaten Batang Hari”.
Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas
Jambi, Dosen Pembimbing (I) Drs. H. Firman Khaidir, M.
Si (2) Drs. Admizal, M. Pd.
Kata Kunci: Peranan Orang Tua, dan Prestasi Belajar.
Slameto
(2003:70) mengungkapkan bahwa sekolah telah menyediakan serangkaian materi
untuk mendidik seorang anak hingga dewasa termasuk perkembangan dirinya. Namun,
tanggung jawab pendidikan bukan semata-mata menjadi tanggung jawab sekolah.
Kunci menuju pendidikan yang baik adalah keterlibatan orang dewasa yaitu orang
tua yang penuh perhatian. Jika orang tua terlibat langsung dalam pendidikan
anak-anak di sekolah, maka prestasi anak tersebut akan meningkat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peranan orang tua terhadap
prestasi belajar siswa di SD Iqra’ Muara Bulian Kabupaten Batang Hari.
Penelitian ini adalah
penelitian deskriptif yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peranan orang tua terhadap
prestasi belajar siswa di SD Iqra’ Muara Bulian Kabupaten Batang Hari. Subjek
penelitian pada penelitian ini yakni siswa dan orang tua siswa kelas V SD Iqra’
Muara Bulian Kabupaten Batang Hari. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan angket yang masing-masing butir angket sudah
divalidasi oleh Dr. Drs. Eko Kuntarto, M. Pd, M. Comp.
Hasil analisis deskriptif
menunjukan bahwa peranan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di
SD Iqra’ Muara Bulian Kabupaten Batang Hari berkategori
sangat baik dengan hasil persentase mencapai 73,9 % melalui uji angket dan
perhitungan dengan rumus persentase.
Dari hasil penelitian ini
dapat disimpulkan bahwa terdapat peranan orang tua terhadap prestasi belajar
siswa di SD Iqra’ Muara Bulian Kabupaten Batang Hari.
Komentar
Posting Komentar