ABSTRAK SKRIPSI TRIO DIKA KURNIAWAN MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS JAMBI

ABSTRAK


Kurniawan, Trio Dika, 2014. “ Studi Kasus Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Di SD Iqra’ Muara Bulian Kabupaten Batang Hari”.  Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (I) Drs. H. Firman Khaidir, M. Si (2) Drs. Admizal, M. Pd.

Kata Kunci: Peranan Orang Tua, dan Prestasi Belajar.

Slameto (2003:70) mengungkapkan bahwa sekolah telah menyediakan serangkaian materi untuk mendidik seorang anak hingga dewasa termasuk perkembangan dirinya. Namun, tanggung jawab pendidikan bukan semata-mata menjadi tanggung jawab sekolah. Kunci menuju pendidikan yang baik adalah keterlibatan orang dewasa yaitu orang tua yang penuh perhatian. Jika orang tua terlibat langsung dalam pendidikan anak-anak di sekolah, maka prestasi anak tersebut akan meningkat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peranan orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SD Iqra’ Muara Bulian Kabupaten Batang Hari.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peranan orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SD Iqra’ Muara Bulian Kabupaten Batang Hari. Subjek penelitian pada penelitian ini yakni siswa dan orang tua siswa kelas V SD Iqra’ Muara Bulian Kabupaten Batang Hari. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan angket yang masing-masing butir angket sudah divalidasi oleh Dr. Drs. Eko Kuntarto, M. Pd, M. Comp.
Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa peranan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SD Iqra’ Muara Bulian Kabupaten Batang Hari berkategori sangat baik dengan hasil persentase mencapai 73,9 % melalui uji angket dan perhitungan dengan rumus persentase.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peranan orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SD Iqra’ Muara Bulian Kabupaten Batang Hari.

Komentar